Exploring the Ocean of Science

Quad Core untuk Semua

 

athlon1

AMD memang dikenal sebagai pembuat prosesor dengan kinerja dan harga yang menarik. Kali ini mereka merilis seri Athlon X4 dengan harga yang sangat terjangkau. oleh RIDWAN FARIZ

Strategi pemasaran yang dilakukan AMD pada prosesornya adalah dengan merilis produk yang memiliki “Price Performance” yang menarik. Walaupun pada kelas atas produk mereka cukup tertinggal jika dibandingkan dengan pesaingnya, mereka cukup yakin untuk bertahan pada segmen pasar menengah ke bawah. Karena tentu saja pada kelas inilah pangsa pasar terbesar berada. Kali ini mereka merilis prosesor Quad Core yang menurut CHIP sangat menarik karena harganya yang terjangkau, yaitu Athlon X4 620.

Propus : Athlon X4 620

Ya, inilah prosesor Quad Core termurah yang baru saja dirilis oleh AMD. Dengan kode nama Propus, prosesor ini menggunakan arsitektur 45nm dengan empat buah core yang masing-masing memiliki cache memory 512KB dengan total 2MB. Tidak seperti Phenom yang menggunakan Level 3 cache memory per-core, seri Athlon ini hanya memiliki Level 2 cache memory dan TDP yang digunakan adalah 65watt.

Inti Core Athlon X4 Inilah core yang berada di dalam Propus.

Inti Core Athlon X4 Inilah core yang berada di dalam Propus.

Propus prematur

Entah apa tujuan dari AMD, pada Engineering Sample dan batch awal seri Propus ini, beberapa diantaranya bukanlah seri Propus sebenarnya, melainkan seri Deneb (Phenom II) yang L3 cache-nya te­lah di non-aktifkan. Dengan hanya mengaktifkan feature ACC pada motherboard, prosesor ini meng-unlock L3 cache yang dimilikinya. Sayangnya pada seri Propus yang telah dirilis sekarang ini, sudah tidak lagi menggunakan basis dari Deneb. Kemungkinan untuk mendapatkan prosesor “unlocked” ini sangat kecil. Apakah ini sebagai trik pemasaran yang digunakan mereka, atau memang karena pada saat itu seri Propus ini masih prematur (belum siap diluncurkan)? Hanya AMD yang mengetahuinya.

Level2 Cache  Penampakan dua dari empat buah core pada Propus

Level2 Cache Penampakan dua dari empat buah core pada Propus

Athlon X4 620 VS Phenom X2 550 BE

Dengan harga jual kisaran US$ 100, prosesor ini akan bertemu langsung dengan “kakaknya” yang belum lama ini dirilis, yaitu Callisto : Phenom X2 550 BE. Selisih harga dari kedua prosesor ini tidak terpaut jauh. Yang cukup menarik adalah perbedaan mendasar dari spesifikasi yang dimiliki. Propus memiliki empat buah core murni (2.6Ghz seri 620) tetapi hanya dengan total cache memory 2MB saja. Sedangkan X2 550 BE menawarkan core dan jumlah cache yang besar (3.1Ghz/6MB), unlocked multiplier, dan sedikit kesempatan (batch tertentu) untuk mendapatkan dua core ekstra. CHIP akan mencoba membandingkan kedua prosesor dari AMD ini. Sedangkan dari kubu Intel tidak ada pembanding yang sepadan dari segi harga. Kemungkinan rival terdekat dari seri ini adalah seri Q8200, itupun masih terpaut harga yang cukup jauh.

athlon4

{mospagebreak}

Metode pengujian
CHIP menggunakan aplikasi Sysmark 2007 yang mensimulasikan berbagai macam software sehari-hari (office, editing, video, rendering, dan lain-lain.), transcoding video, 7-Zip, dan beberapa real game test. Dari hasil tes pengujian aplikasi tersebut dapat terlihat, apakah penggunaan empat core sudah cukup efektif, ataukah penggunaan frekuensi tinggi dengan cache besar masih lebih baik. Selain itu CHIP melakukan uji konsumsi daya yang diperlukan oleh sistem. Semakin kecil daya yang diperlukan semakin baik.

athlon5

INFO
Overclocking Propus

athlon6

Tidak seperti Phenom X2 550 yang memiliki “gelar” Black Edition, seri Athlon X4 ini tidak memiliki feature untuk mengganti nilai multiplier (pengali FSB), jika kita ingin melakukan overclocking pada prosesor ini. Satu-satunya cara untuk meng-overclock prosesor ini adalah dengan bereksperimen untuk mencari nilai FSB tertinggi yang dapat dicapai. Tentu saja diperlukan sebuah motherboard yang mampu menarik FSB cukup tinggi. Motherboard yang digunakan adalah MSI 790FX-GD70 dengan pendi­ngin AC Freezer Pro 7 dan memori 2*1 GB Kingston KHX DDR3 1333 Mhz.

Pada pengujian overclocking singkat yang dilakukan CHIP, prosesor ini cukup mudah untuk diajak berlari hingga 3.4 Ghz dengan menggunakan voltase standar dari AMD sendiri.

athlon7

athlon8

Kesimpulan

Dengan harga sekitar US$ 100 kita sudah dapat menikmati teknologi prosesor Quad Core dari AMD. Sekali lagi mereka membuktikan bahwa faktor harga menjadi kekuatan utama mereka.

Performa secara keseluruhan prosesor Athlon X4 620 ini sedikit tertinggal apabila dibandingkan dengan Phenom X2 550 BE. Mayoritas aplikasi dan game sekarang masih lebih menyukai prosesor dengan frekuensi prosesor tinggi dan cache memori besar, dibandingkan dengan jumlah core yang ada. Tetapi pada aplikasi yang benar-benar menggunakan empat buah core seperti transcoding video, prosesor ini baru bisa menunjukkan performa sebenarnya dibandingkan prosesor dual core. De­ngan TDP sebesar 65 watt, daya yang dibutuhkan pada sistem keseluruhan berkisar pada 97 watt saat idle dan 211 watt saat full load, sedikit lebih hemat dibandingkan Phenom X2 550 BE.

Apabila Anda ingin membangun sis­tem Quad Core dengan dana terbatas proses Athlon X4 62 ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda. Dengan sedikit meng-overclock prosesor ini, performa yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan prosesor Quad Core kelas atas.

sumber : http://chip.co.id/articles/featured/2010/01/11/quad-core-untuk-semua/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: