Exploring the Ocean of Science

Pengenalan Telematika

  1. PENGERTIAN

    Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Kata TELEMATIKA, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi (ICT) Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT adalah ilmu yang mempelajari pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi melalui prangkat telekomunikasi.

    Defini lainnya, ICT adalah sistem komunikasi nirkabel dirancang unuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi yang secara khusus mengacu sistem elektronik suatu kendaraan dan lalu lintas seperti untuk pelacakan dan pemposisian, navigasi kendaraan secara online, sistem informasi dan layanan darurat. Sebuah sistem telematika menggunakan teknologi GPS menyediakan berbagai layanan untuk seorang pengendara, dan navigasi adalah salah satu layanan yang ditawarkan.

    Jadi, telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik, yang mempunyai kemampuan dalam mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaraan suara (telepon, musik), gambar, huruf, data maupun kombinasinya. Hal ini dapat diwujudkan dengan adanya teknologi digital yang semakin berkembang saat ini. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet) dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).

  2. BIDANG TERKAIT

    Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah Telematika kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi Telekomunikasi, Media dan Informatika yang semula masing-masign berkembang secara terpisah. Serta banyak bidang/Sistem yang memanfaatkan telematika antara lain :

    • Telekomunikasi,
    • Pengolahan data,
    • Jaringan kendali sistem tenaga listrik
    • Armada transportasi
    • Jaringan telemedika
    • Jaringan komunikasi kepolisian
    • Sistem deteksi bencana alam
    • Pendidikan jarak jauh
    • Pendukung administrasi pemerintahan dan layanan sosial, dan lain – lain

  3. PERANGKAT PENDUKUNG

    Telematika terkait dengan sistem informasi, sistem komunikasi khususnya yang diselenggarakan dengan sistem elektronik. Komponen – komponen dalam sistem tersebut terdiri dari :

    • Perangkat keras
    • Perangkat Lunak
    • Prosedur – prosedur
    • Perangkat Manusia
    • Informasi

    Fungsi – fungsi teknologi di dalamnya yaitu :

    • Input
    • Proses
    • Output
    • Penyimpanan
    • Komunikasi

    Dalam dunia cyberspace,Lingkup komponen dan fungsi tersebut dikenal sebagai :

    1. Content, yaitu Isi atau substansi Data dan/atau Informasi berupa input dan output dari penyelenggaraan sistem informasi yang disampaikan pada publik, mencakup semua bentuk data/informasi baik yang tersimpan dalam bentuk cetak maupun elektronik, maupun yang disimpan sebagai basis data (databases) maupun yang dikomunikasikan sebagai bentuk pesan (data messages);
    2. Computing, yaitu Sistem Pengolah Informasi yang berbasiskan sistem komputer (Computer based Information System) berupa jaringan sistem informasi (computer network) organisasional yang efisien, efektif dan legal. Dalam hal ini, suatu Sistem Informasi merupakan perwujudan penerapan perkembangan teknologi informasi ke dalam suatu bentuk organisasional/organisasi perusahaan (bisnis).;
    3. Communication, yaitu Sistem Komunikasi yang juga berupa sistem keterhubungan
      (interconnection) dan sistem pengoperasian global (interoperational) antar sistem
      informasi/jaringan komputer (computer network) maupun penyelenggaraan jasa dan/atau jaringan telekomunikasi.
    4. Community, yaitu masyarakat berikut sistem kemasyarakatannya yang merupakan pelaku intelektual (brainware), baik dalam kedudukannya sebagai Pelaku Usaha, Profesional Penunjang maupun sebagai Pengguna dalam sistem tersebut.

     

  4. KEUNTUNGAN dan KERUGIAN

    Dengan adanya telematika pemanfaatan telematika melalui e-government,e-commerce, e-learning, e-business maka dapat diambil beberapa keuntungan seperti : 

    1. Dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
    2. e Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
    3. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
    4. Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
    5. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
    6. Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan

    Kerugian

    Eratnya bidang telematika dengan dunia cyberspace menimbulkan beberapa kerugian diantaranya :

    1. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cybercrime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
    2. Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
    3. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
    4. Kejahatan telematika merugikan individu,misal pencurian identitas kartu kredit olrh hacker yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
    5. Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
    6. Kejahatan telematika merugikan Negara, misalnya: Serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan olehhacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut. Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat transnasional.

SUMBER :

http://blog.its.ac.id/masgandhul/2008/11/25/asal-usul-telematika/

http://www.asashop.org/news/asaresources/ASAtelematics_0508.pdf

http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/

Comments on: "Pengenalan Telematika" (7)

  1. ijin nyontek mbak imyut 🙂

  2. ckckckcckckck mantap mbak. lebih rapi. sumbernya referansinya juga ok. GREAT.

  3. terima kasih postingannya ya..
    salam kenal…
    kunjungi juga blog saya fakultas teknik unand

  4. Terima kasih telah berkunjung di blog saya…

    Salam kenal juga…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: