Exploring the Ocean of Science

What is Streaming Video

Streaming adalah sebuah teknologi untuk memainkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server) . Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung pada browser saat proses buffering mulai berjalan. File video atau audio di stream, akan berbentuk sebuah buffer di komputer client, dan data video – audio tersebut akan mulai di download ke dalam buffer yang telah terbentuk pada mesin client. Dalam waktu sepersekian detik, buffer telah terisi penuh dan secara otomatis file videoaudio langsung dijalankan oleh sistem. Sistem akan membaca informasi dari buffer dan tetap melakukan proses download file, sehingga proses streaming tetap berlangsung ke computer client.

How Does it works.

  1. Server and Client

    Video streaming terbentuk hanya karena terdapat server (memiliki jaringan serta ruang penyimpanan yang besar) dan klien (PC pribadi) yang dapat berkomunikasi dalam bentuk bit. Video Streaming bukanlah tentang bagaimana Anda dapat membaca file video yang sebenarnya, namun lebih merupakan metode pengiriman media antara dua computer.

  2. Mentransfer Bit dan Bytes

    Server menyimpan file video yang berisi beberapa bit dan byte – byte kode. Kode – kode ini berisi petunjuk agar pada saat yg sama computer

  3. Membaca dan Menerima Film

    Setelah server melakukan koneksi dengan remote client (komputer pribadi), ia mulai  mentransfer instruksi untuk memutar video di computer dalam bentuk kode stream yang berukuran kecil. Kode-kode tersebut ditransfer dalam suatu paket melalui jaringan dan di load dalam memory computer. Komputer memproses kode-kode video da kemudian menampilkannya pada layar.

  4. Memerlukan Buffer

    Computer menyimpan dan mengolah kode-kode video dalam file buffer, sehingga tidak harus terus menerus harus tersambung ke server. Jika koneksi terputus untuk sementara, maka server akan mengetahui sampai sejuh mana file berhasil di buffer, untuk kemudian server amakn mengirimkan kode-kode selanjutnya untuk memutar video. Komputer mendownload dan menyimpan kode-kode video dalam buffer dengan baik secara terus menerus hingga video siap dimainkan di layar.

  5. Format dan Media Player

    Untuk membaca kode-kode file yang diterima dari server tersebut, diperlukan suatu cara.  Jika kita langsung membukanya pada computer, Anda tidak akan tahu bahwa file tersebut adalah file video. Jadi computer menggunakan suatu perangkat lunak yang disebut media player untuk menampilkan kode-kode tersebut pada layar.Ada banyak aplikasi player yang ada, dan sebelumnya kedua server dan PC client harus mempunyai persetujuan mengenai perungkat lunak yang dapat digunakan untuk menampilkan video

What is Video Conference

Video conference adalah konverensi video dimana data yang di-transmisikan dalam bentuk video atau audiovisual. Video-conference adalah telekomunikasi dengan menggunakan audio dan video sehingga terjadi pertemuan ditempat yang berbeda-beda. Video conference memungkinkan tiap individu bertemu melalui saluran telepon daripada harus bertemu secara langsung, bisa berupa antara dua lokasi yang berbeda(point-to-point) atau mengikutsertakan beberapa lokasi sekalgus di dalam satu ruangan conference(multi-point) .
Video conference berbeda dengan videophone yang memang didesain untuk melayani video antar dua orang secara individu. Teknologi utama yang digunakan dalam sistem video conference adalah kompresi digital dari suara dan video stream yang real time. Pada zaman sekarang videoconference dapat diakses melalui Camfrog, NetMeeting, MSN Messenger, Yahoo Messenger, SightSpeed, Skype.

How Does it Works

  1. Menerima data

    Teleconference memungkinkan data dari sumber lain untuk masuk ke sistem Anda melalui koneksi internet dan saluran telepon. Anda akan membutuhkan layar komputer, layar televisi, atau proyektor lain untuk menerima dan menampilkan informasi yang Anda terima. Data yang dikirim keluar dari sumber lain, akan dipecah menjadi bit kecil informasi melalui kompresi codec. Pada proses ini dilakukan pengambilan data dan meletakkannya ke dalam sekelompok kecil paket data yang dapat disalurkan ke layar Anda.
    Yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan perangkat untuk menerima bit kompresi informasi yang memadai agar sistem di tempat Anda dapat menangani bandwidth yang dibutuhkan dalam conference Anda. Misalnya, Anda akan memerlukan speaker untuk sistem pendengar  audio yang diterima bersamaan dengan data yang masuk.
    Menyiapkan sistem tidak begitu sulit, dan kebanyakan orang telah menggunakan komputer seiring dengan berkembangnya kebutuhan akan informasi yang mereka perlukan untuk berbagi atau menyimpan hasil, selama conference memungkinkan untuk disimpan di sana juga. Sirkuit TV yang tertutup juga sering digunakan untuk kualitas gambar yang lebih baik ketika kelompok-kelompok besar orang terlibat.

  2. Mengirimkan data

    Untuk berbagi foto dan data dari sistem anda dengan orang lain dalam suatu konferensi diperlukan web cam atau segala jenis kamera video dan mikrofon untuk mengirimkan audio. Ini merupakan sarana dasar untuk melihat dan mendengar Anda, meskipun beberapa peralatan  yang diperlukan relative mahal, namun hal itu harus ditempuh jika bisnis Anda memang memerlukan beberapa fitur lebih maju dari teleconferencing video.
    Bisa juga digunakan webcam sederhana yang relatif murah, tetapi Anda mungkin memerlukan perekam video yang lebih mahal jika suatu saat Anda memerlukan fitur yang lebih lanjut atau ingin benar-benar berkualitas baik untuk kebutuhan conferencing Anda. Webcam Murah tidak memiliki bandwidth untuk mentransfer informasi pada kualitas yang tinggi yang mungkin Anda dapatkan dengan peralatan yang lebih mahal. Ini hanyalah masalah menganalisa kebutuhan anda dan membeli peralatan yang berkorelasi dengan kualitas yang Anda inginkan.
    Proses yang sebenarnya tentang bagaimana satu komputer mengirim informasi dan berbagi dengan yang lain namun menjadi cukup rumit ketika Anda melihat rincian lebih kecil dari informasi yang pecah menjadi 0s dan 1s dan ditransmisikan dalam kelompok-kelompok tertentu, tetapi Anda tidak perlu
    Pahami apa yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah sistem yang berfungsi dengan kualitas yang cukup tinggi agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan berkenalan dengan opsi-opsi fungsi yang disediakan oleh penyedia teleconferencing, akan menjadi modal yang cukup untuk Anda memulai video teleconference.

Sumber : http://www.ehow.com/how-does_4564632_streaming-video-work.html
http://probytelink.blogspot.com/2010/01/konsep-dasar-video-streaming.html
http://blog.unila.ac.id/balance/files/2009/06/project-a1.pdf
http://ezinearticles.com/?How-Does-Video-Teleconferencing-Work?&id=1676299

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: