Exploring the Ocean of Science

Tugas ini digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa indonesia. Makalah dapat di download disini…
Opini makalah di pandang dari topik, judul, uraian pendahuluan, tinjauan pustaka, isi dan kesimpulan, serta daftar pustaka.

Topik
Topik pada makalah tersebut cenderung memiliki makna yang terlalu luas sehingga tidak dapat diketahui dengan jelas arah dari penulisan makalah ini.

Judul
Secara umum  judul ditulis paling atas dan di tengah, dicetak tebal, miring atau dengan menggunakan huruf capital. Judul dari makalah diatas adalah Google: Korpus Raksasa Sanding Kata dalam Pemelajaran dan Pengajaran BIPA karena ditulis dengan huruf tebal dan terletak ditengah. Berbeda dengan kalimat KONFERENSI INTERNASIONAL PENGAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK  PENUTUR ASING, meskipun terletak ditengah dan ditulis dengan huruf kapital, namun kalimat pertama memiliki makna yang lebih dalam dan mampu memberi gambaran secara umum terhadap pokok bahasan dari makalah. Agar pembaca dapat menetukan dengan jelas antara judul dengan kalimat pendukung, sebaiknya judul ditulis dengan huruf yang lebih besar dan menggunakan huruf kapital.
Pada kalimat Google: Korpus Raksasa Sanding Kata dalam Pemelajaran dan Pengajaran BIPA sudah menggunakan ejaan yang benar pada kata pemelajaran dan pengajaran (kata pemelajaran bermakna kegiatan siswa/mahasiswa dalam mempelajari materi ajar). Selain itu, pada halaman judul tidak dicantumkan pula penulis serta alamat penulis.

Pendahuluan
Bagian pendahuluan memuat beberapa sub bahasan :

  1. Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan penelitian

    Alinea 1 memuat latar belakang ,rumusan masalah serta tujuan dari penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemelajar menyandingkan kata yang terdengar lazim di telinga penutur asli bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena kekurangmampuannya memprediksi apakah sanding kata yang akan dihasilkannya berterima atau tidak; lazim atau tidak. Tujuan penelitian juga tidak dijabarkan secara jelas namun dengan menyelesaikan permasalahan tersebut maka tujuan dari dibuatnya makalah ini dapat terpenuhi.

  2. Batasan Masalah dan Metode Penelitian

    Pada makalah ini tidak diberikan batasan masalah lebih jelas dari penelitian serta tidak disebutkan metode penelitian apa yang digunakan dalam penulisan ini.

Tinjauan Pustaka
Pada makalah tersebut tinjauan pustaka terdapat dalam sub judul “KONSEP SANDING KATA”. Pada bagian ini diuraikan teori-teori yang menunjang penulisan / penelitian seperti pendefinisian sanding kata dan hasil penelitian mengenai sanding kata yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya. Pada bahasan konsep sanding kata tersebut penulis menguraikan dasar / landasan teori secara lugas dan ilmiah.

Isi
Pada makalah tersebut pembahasan / isi terdapat dalam sub judul “Mesin Pencari Google sebagai Sumber Korpus Sanding Kata”. Dalam penulisan bagian pembahasan ini, penulis menguraikan metode serta tahapan penelitian secara terperinci. Diawali dengan pengambilan hipotesa dimana mesin pencari google dapat menjadi suatu solusi untuk menyelesaikan permasalahan sanding kata. Hipotesa tersebut didukung dengan adanya data hasil dari beberapa percobaan terhadap beberapa sanding kata yang dituangkan dalam bentuk table.

 

Kesimpulan
Bagian kesimpulan pada makalah tersebut memuat ringkasan isi makalah, hasil analisis serta menjawab permasalahan yang diangkat dalam penelitian yaitu penggunaan mesin pencari Google dapat menyiapkan pemelajar BIPA dengan informasi mengenai calon sanding kata lazim dapat dipilih

Daftar pustaka
Pada Daftar Pustaka telah memenuhi standart penulisan daftar pustaka, seperti penulisan nama pengarang (baik dari sumber yang memiliki tiga pengarang, dua pengarang, 1 pengarang maupun tanpa pengarang), tahun terbit,judul, kota penerbit dan penerbit.
Nb: Dalam Jurnal Naskah ini terdapat kesalahan, yaitu tidak dicantumkannya Metode Penelitian.

Makalah ini memiliki pemisahan bab / bahasan yang kurang teratur, sehingga cukup susah dibedakan antara bagian pendahuluan, tinjauan pustaka serta pembahasan (isi) penelitian.

by : dee4ca

Comments on: "Opini makalah dengan judul “Google: Korpus Raksasa Sanding Kata dalam Pemelajaran dan Pengajaran BIPA”" (2)

  1. maaf sehubungan dengan mata kuliah softskill silahkan dimasukkan link gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/ .terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: